Zona Bunyi, Semangat Kolektifan Pembawa Pesan Dari Sulawesi Barat

Berada jauh dari pusat industri musik nasional, biasanya akan selalu menjadi stigma negatif bagi musisi-musisi yang ada di daerah. Bahwa yang jauh dari pusat industrinya tidak akan berkembang dan tidak akan berhasil seperti band-band di Jawa misalnya. Hal inilah yang coba dihapuskan sedikit demi sedikit oleh sekelompok musisi yang ada di Sulawesi Barat yang tergabung dalam ‘Zona Bunyi’. Membawa suara dari Sulawesi Barat menjadi misi besar yang diusung oleh mereka.

Agustus 2017 adalah awal mula gerakan mereka dengan menggelar gigs mandiri yang menggunakan tema ‘Merdekakan Karya’. 6 band/solois mengisi lineup yaitu Aksi Madewa, Toriny, Serotonin, Varial Flip, Kaze dan Press Band mereka sukses menggelar gigs di Rumah Putih Café. Memasuki Maret 2018, mereka kembali menyelenggarakan gigs dengan tema ‘Gemakan Karya’ yang kali itu mereka membangkitkan semangat berkarya terbukti dari line up yang meningkat 3x lipat yaitu 15 band/solois. Selepas  gigs ini, mereka lalu menyelenggarakan mini gigs lagi sebagai satelit show dari Zona Bunyi yaitu ‘Teras Indie’. Sepanjang 2018 Teras Indie bahkan diadakan lintas Kabupaten Seperti Polman, Majene hingga ibukota Provinsi Sulawesi Barat yaitu Mamuju. 

Pada 10 November kemarin Zona Bunyi melaksanakan pagelaran tahun ketiga. Menampilkan 15 band/solois, mereka mampu menyedot perhatian lebih pendengar atau bahkan pecinta musik di Sulawesi Barat. Nama baru banyak menghiasi dalam gelaran kali ini. Kuki R Project, Sandry, Leader, Dermawan, Kira hingga Dika Putri adalah contoh nyata tentang konsistensi akan selalu membuahkan hasil. Terhitung setelah 3 tahun secara kontinue dan konsisten menjadi wadah bagi para musisi lokal, bermunculan puluhan nama yang menghiasi skena. Misi membawa suara dari wilayah Barat Sulawesi bisa dibilang sudah cukup sukses mereka lakoni dan Zona Bunyi jalankan. Selain menghasilkan puluhan nama baru, perlahan tapi pasti keberadaan mereka sudah mulai disadari oleh pelaku-pelaku musik diluar Sulawesi Barat.

Adalah sebuah hal yang membanggakan jika gerakan kecil yang terus bergelora akan memunculkan rekan-rekan yang mempunyai visi sama kedepan. Jaringan yang dibangun dengan azas kebersamaan dan kecintaan terhadap daerah asal biasanya akan menjadi gerakan yang besar jika terus secara simultan digaungkan. Zona Bunyi dengan orang-orang yang peduli terhadap perkembangan jaman berada di dalamnya adalah sebuah contoh nyata bagaimana jejaring yang coba dimunculkan lambat laun akan menjadi bukti kecintaan akan musik dan semua hal yang berputar di dalamnya.

Penulis : Mirzha Dwi Pradiftha, IG : MirzhaDP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *