The Surkensonik Single Attack, ‘KALA’

Lagu yang jika di artikan akan ada beberapa arti muncul. Dalam bahasa Jawa, ‘Kala’ berarti Jin. Dalam bahasa universal English/American berarti Ibu. Dan di dalam bahasa Sanskerta berarti Waktu. 

4 tahun lalu saya lagi jalan kaki di pinggiran jalan, Bandung. Terus ngeliat kuda lari. Sehabis ngeliat kuda yang berlari itu, kepikiran gimana kalau suara hentakan kaki nya jadi ketukan drum (beat memacu). Habis itu coba di gitar, permainan single note yang dibarengi drum hentakan kuda, kebayang akan lebih perkusif. 

Terlahir dari hentakan, berlari, dan bertujuan ke suatu tempat untuk mengutarakan sesuatu. Jadi gua ringkas kalau lagu ini tentang, waktu yang tersisa sedikit, untuk mengutarakan sesuatu, yang kita yakini benar dan tidak salah – Ariel Shomron (Drummer). 

Setelah itu Surkensonik frontman Alex Gurion (Vocals & Guitar). Menciptakan riff syahdu dibalut reverb, delay, dan sedikit fuzz hingga menjadi warna psychedelic rock untuk mencapai pertengahan ke ending lagu. Tidak lupa kita menambahkan suara mellotron & synth, terdapat di belakang seperti angin berhembus. Di lagu ini kami di bantu dua musisi hebat, yang kami hormati, Danilla Riyadi & Lafa Pratomo. Jika mendengar dengan seksama, kalian akan tahu dimana dan hal hebat apa yang mereka lakukan di dalam lagu ini. 

Ayana (Perjalanan), Jivva (jiwa), Kala (Waktu). Hal pertama yang di tangkap mungkin, kami akan di hina sok sanskerta dan senja. Tapi sebetul nya kami cuma terinspirasi dari satu penggalan lirik The Beatles, Across The Universe; Jai, Guru, Deva. Mereka menciptakan pesan indah. Kami hanya ingin meniru salah satu band yang sangat menginspirasi kami. Dan tentu nya bahasa Sanskerta adalah bahasa Indonesia juga. Indo-Eropa. 

Tidak luput banyak nya ide yang datang dari Ariel Shomron ditambah diskusi bersama Alex Gurion untuk bumbu hingga menjadi makanan siap saji. Selain mengisi drums dan memikirkan hampir keseluruhan notasi dan dinamika di dalam lagu, peran penting yang mewarnai lagu ini adalah permainan nada vocal, guitar, bass guitar, mellotron, yang direkam seorang diri oleh Alex Gurion. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *