Stupidtwelfth Merilis Single Kolaborasi “Hening” dengan Konsep Balada

“Hening” adalah single kolaborasi Stupidtwelfth feat. DEDICATION. Lagu  terbaru band asal Sulawesi Selatan ini sudah tersedia di gerai digital sejak tanggal Januari 2023. Stupidtwelfth hadir di jalur musik Post-Punk Revival, sebuah sub dari alternative dan indie rock yang kental akan estetika garage rock,  new wave, dan post punk tahun 1990-an. Stupidtwelfth terbentuk tahun 2018  dengan dua personil Idlal (vokal dan gitar) dan Ghibran (bas dan vokal). Awal 

Perjalanan musik Stupidtwelfth dimulai dengan merilis sebuah single “4 Chord  Hari ini”. Di lagu itu, Stupidtwelfth merangkum rasa jenuh, kesendirian, mimpi  dan kebebasan. “Dan tertawa, ku terlepas, ku harap itu selamanya, ku terhanyut,  ku terlelap, ku ambil alih dunia”, sepenggal lirik itu menjadi corenya,  menggambarkan 4 chord atau 4 sensasi kehidupan seorang Alpha: bertemu  kerabat, tertawa, terhanyut dalam kebersamaan dan mimpi, sebelum akhirnya  terlelap kembali. 

Di tahun 2019, sang vokalis, Friendquenzy (Idlal) merilis single solonya “Life in 20:00” dan dimasukkan ke dalam EP Album pertama Stupidtwelfth  dengan nuansa distorsi musik yang sama namun aura yang berbeda, lebih halus  dengan sedikit sentuhan suara metronom. Lagu ini menceritakan kisah pribadinya, time lapse masa kecil, dengan artwork yang mengilustrasikan jam  berputar ke masa lalu, mengekspresikan rasa intim dan damai sebagai Alpha,  seorang pejalan abadi di ruang waktu, “when I comeback at 20 o’clock and forget  for everything, I really loved 20 because I could say anything”. 

Pada single ketiga yang dirilis akhir tahun 2022, Stupidtwelfth membawa  konsep dan nuansa baru dengan memasukkan sedikit monolog di dalamnya.  “Left and Leave” menggambarkan jiwa-jiwa yang takut akan kebencian untuk  menjadi berbeda, “what is wrong with that? When you want to be different, you  have to listen to your heart, closed your ear and keep going”. Melalui lagu itu,  Stupidtwelfth berharap dapat menyuarakan energi positif untuk berani menjadi  diri sendiri, mengingat kehidupan terkadang seperti sebuah permainan, manusia  berada dalam dualitas tentang ditinggalkan dan meninggalkan. 

Mengawali tahun 2023, saat ini single terbaru Stupidtwelfth telah rilis,  hasil kolaborasi bersama dengan DEDICATION, seorang vokalis band metalcore.  Single bertajuk “Hening” digarap pada akhir tahun 2022 di sebuah kedai kopi  Moego-Moego, Kota Batu, milik DEDICATION. Salah satu personil Stupidtwelfth  mengatakan, “pas kita live di kebun bawain lagu ini ada anak kecil dan kita kaget  denger dia ikut nyanyi, dia suka”. Sebelum akhirnya dirilis “Hening” dengan 

konsep musik balada akustik menjadi sebuah romantisme tersendiri di kedai  yang mereka sebut “kebun” itu, tempat pertama yang menjadi saksi “Hening”  dimainkan secara live di malam pergantian tahun, melebur bersama dengan  suara alam.  

Uniknya, keresahan tentang modernitas yang telah menggerogoti manusia  dan alam adalah benih dari lahirnya lagu balada ini, “orang gak sadar kalau  kerusakan alam itu berawal dari kerusakan dalam diri kita sendiri” tutur  DEDICATION, sang penulis lagu. Uang, kekuasaan, percepatan informasi  seharusnya tidak mengendalikan manusia. “Lirik ‘imanku imajinasiku’ ku imani  ki imajinasiku sebagai kendaraan untuk lalui semua jalan yang kulihat. Bertahan  ka sama iman itu agar tidak terperalat oleh alat dan percepatan modernitas.  ‘Tepenjara oleh karma’ di lirik lagu ini, kalau bicara tentang karma itu ada dua  pilihan ji sebenarnya, menjalani karma atau menghentikan karma, dan kembali  lagi imajinasi adalah satu-satunya kendaraan untuk bisa ka lewati itu semua.”  lanjut DEDICATION. 

Saat ini, Stupidtwelfth sedang sibuk menggarap EP Album perdana mereka.  Album yang rencananya berisi 4 lagu termasuk single yang sudah dirilis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *