Ragam cerita di album Visiun

Saat anda jatuh cinta, Anda ingin menceritakannya kepada dunia.” -Carl Sagan


Setelah terbentuk di tahun 2021, kuartet musik VISIUN asal Makassar akhirnya mengakhiri penantian panjangnya dengan merilis album penuh yang bertajuk Tremendous Events in Your Life. Album ini resmi dirilis secara digital pada hari Jum’at, 27 Oktober 2023. Perayaan rilisnya album penuh (long-play) ini menjadi momen penting untuk fase baru bagi VISIUN yang sebelumnya lebih fokus merilis karya-karyanya dalam bentuk single yang sudah dirilis seperti “Osaka Train”, “Sirens”, “Bay”, “Slider” dan “Catapult”.

Seperti judul albumnya, VISIUN ingin mengajak para avonturir bunyi untuk bersama-sama menjelajah cerita penuh dinamika dalam romantika kehidupan dengan menggunakan moda “Osaka Train”. Di tengah-tengah ‘perjalanan’ sambil menikmati alunan melodi “Bay”, bebunyian “Sirens” yang getir, lalu melaju lebih cepat dengan “Slider”, kembali mengingat janji di awal hubungan dalam “Promesa”, rehat sejenak dengan lantunan “Mocean”, melontarkan ultimatum perpisahan dalam “Catapult”, kemudian menambah kecepatan lagi untuk mengurangi kesenduan dalam “Anatomy of Joy” untuk “Endorphins” yang lebih baik dan stabil sebelum akhirnya ‘tiba’ dengan selamat di “Fake Moon”.

Dengan album penuh Tremendous Events in Your Life yang memuat 10 lagu, VISIUN berupaya menghadirkan beragam cerita secara lugas maupun tersirat dari beragam perspektif tentang dinamika dalam romantika kehidupan. Untuk itu, VISIUN menjangkau beberapa cerita fiksi maupun nyata untuk dituangkan ke dalam karyanya. Seperti lagu “Bay” yang alih-alih terinspirasi dari dari kisah cinta Anakin Skywalker & Queen Padmé Amidala dari sequel film Star Wars, sebuah pengorbanan & berbuat apapun untuk yang terkasih meski harus berujung maut. VISIUN pun berharap bagi siapapun yang meyimak album ini, mudah-mudahan bisa membantu pikiran bisa lebih imajinatif bahkan perasaannya bisa lebih baik dan tenteram.

Tentang VISIUN

VISIUN adalah sebuah band Indie Dream-Pop asal Makassar yang terbentuk di tahun 2021 dengan formasi solidnya yaitu Artha Kantata (vokal/gitar), Herdiansyah Hady (gitar), Sunardi Rasyid (bass) dan Galih Syawal (drum). Keempat personilnya bersepakat untuk mengambil langkah baru untuk perjalanan musikal dengan lagu-lagu yang belum pernah dimainkan oleh masing-masing personil di band lainnya maupun sebelumnya. Band ini lalu membawakan dan mengekspresikan genre mereka dengan perpaduan antara indie rock dan alternatif 80-an yang menciptakan estetika retro yang bagus, seperti yang terdengar dalam lagu-lagu mereka. Setelah merilis lima single, album penuh mereka Tremendous Events in Your Life akhirnya dirilis resmi pada 27 Oktober 2023.