Pindah domisili, Grrrl Gang rilis single ‘Spunky!’ dan umumkan album baru

“Aku merasa seperti berada di puncak dunia, tidak tersentuh oleh siapapun. Banyak hal yang kulakukan tanpa berpikir panjang, selalu mengejar kepuasan instan. Aku merasa sangat percaya diri (sampai berpikir muluk-muluk) bahwa aku bisa melakukan apapun,” – Angeeta Sentana, Grrrl Gang.

Grrrl Gang, trio yang berasal dari Yogyakarta ini mengumumkan jadwal rilis album debut penuh Spunky!. Rilis pada tanggal 22 September 2023 oleh Green Island Music bekerjasama dengan pemegang lisensi eksklusif Kill Rock Stars (Amerika Serikat), Trapped Animal Records (Inggris dan Uni Eropa) dan Big Romantic Records (Jepang dan Taiwan). Album ini diawali dengan single pertama yang rilis hari ini, dan diambil dari judul yang sama dengan album, ‘Spunky!’.

Spunky! diciptakan setelah mereka mengalami beberapa perubahan besar dalam hidup Angeeta Sentana (vokal, gitar), Akbar Rumandung (bass, vokal), dan Edo Alventa (gitar, vokal), termasuk perpindahan tempat tinggal dari Yogyakarta, kota tempat mereka membentuk band ini ketika masih duduk di bangku kuliah. “Ini adalah rilisan pertama Grrrl Gang setelah kami lulus kuliah dan mendapatkan pekerjaan yang membuat kami harus pindah ke Jakarta, dan tidak bisa dipungkiri berbeda 180 derajat dengan Jogja secara persepsi dan kondisi,” menurut Akbar. “Tapi dengan pindah ke Jakarta, kami bisa bekerja sama dengan Lafa di Spunky! dari awal sampai selesai.”

Lagu ini sendiri menggambarkan pengalaman Angee selama episode manik. “Aku merasa seperti berada di puncak dunia, tidak tersentuh oleh siapapun. Banyak hal yang kulakukan tanpa berpikir panjang, selalu mengejar kepuasan instan. Aku merasa sangat percaya diri (sampai berpikir muluk-muluk) bahwa aku bisa melakukan apapun,” ungkap Angee.

Lafa Pratomo adalah produser yang membantu mereka merekam sepuluh lagu dalam album Spunky!. “Dari segi produksi, ini hal yang baru juga bagi kami, bekerja sama dengan orang yang bisa dibilang diluar zona nyaman Grrrl Gang.” Memang, Lafa membantu meningkatkan kualitas suara Grrrl Gang – terutama suara gitar Edo, bass Akbar yang bergemuruh, dan ketukan megah dari additional drummer Muhammad Faiz Abdurrahman – namun tetap mempertahankan energi khas band ini. Dengan melodi yang mudah diingat, serta vokal Angee yang lugas dan terdengar persuasif namun juga sekaligus konfrontatif di saat bersamaan.

Video musik Spunky! tayang di kanal YouTube Grrrl Gang pada hari yang sama dengan perilisan lagunya. Video musik yang disutradarai oleh Bathroom Girls ini merupakan salah satu bagian dari sebuah sekuel, dengan Spunky! sebagai episode kedua. Bercerita tentang seorang gadis introvert yang hadir di sebuah pesta rumahan untuk mendapatkan validasi dari teman-temannya. Meskipun menghadapi tantangan terhadap percaya dirinya, ia berhasil mengatasi ketidaknyamanannya untuk melewati malam itu. Selama pesta berlangsung, ia menonton Grrrl Gang membawakan lagu Spunky! dan terpesona oleh penampilan Angee, sang vokalis, yang penuh percaya diri. Gadis itu membayangkan dirinya sebagai Angee, penuh rasa percaya diri dan keren yang tidak pernah ia bisa dapatkan.

Tentang Grrrl Gang:

Berasal dari Yogyakarta, Grrrl Gang adalah band yang aktif di komunitas musik independen dengan lagu-lagu yang anthemic dan penampilan live yang energik. Trio yang terdiri dari Angeeta Sentana pada gitar dan vokal, Akbar Rumandung pada bass, dan Edo Alventa pada gitar ini aktif di komunitas musik Asia Tenggara sejak terbentuk pada tahun 2016.

Musik Grrrl Gang adalah perayaan dari akar kolektif mereka dan bukti kekuatan musik pop menghubungkan orang-orang lintas budaya dan batas. Lirik mereka menyentuh tema-tema seperti feminisme, kesehatan mental, dan hubungan yang relevan dengan generasi muda. Dengan energi yang menggebu-gebu, lirik yang sadar sosial, dan suara yang unik, Grrrl Gang siap untuk memasuki kancah musik global dan menjadi suara bagi generasi baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *