Megah dan Meriah, Konser Perayaan Ulang Tahun Dewa 19 di Makassar

Meski sudah mengudara sejak 1986, band asal Surabaya, Dewa 19, tak pernah kehilangan nama, esensi sertra pamornya di telinga penikmat musik Indonesia. karir panjang nan gemerlap dengan pencapaian ribuan jam terbang, puluhan hits terkenal serta album-album yang secara ekonomi terhitung sukses di pasar musik, nama Dewa 19 menempati garis teratas dalam daftar band-band etrbaik tanah air.

Di usia yang telah menginjak 30 tahun ini, Dewa 19 menggandeng beebrapa promotor diantaranya Antara Suara, menggelar tour ke 30 kota di seluruh penjuru negeri. Makassar, sebagai salah satu basis kota musik terbaik ketiban untung disingahi pada 6 Juli kemarin. Dalam kunjungan kesekian ke Makassar, Dewa 19 membawa 2 nama beken mengisi pos vokal yaitu: Virza dan ‘pendatang baru dalam band’ Ello. 

Cukup beralasan memang Makassar menjadi salah satu tujuan favorit Dewa 19 dalam rangkaian tour keliling nusantara kali ini. Dengan rencana awal dihelat di Celebes Convention Center yang juga punya sejarah lumayan panjang sebagai titik konser terbaik di Makassar, akhirnya pilihan dialihkan ke Pinisi Ballroom hotel Claro yang tentu saja punya suasana lebih nyaman dan teduh.

Pihak promorot dan pendamping yang juga cukup punya nama dan pengalaman mengupayakan sebuah konser yang baik paham akan banyak tuntutan dari Baladewa dan indiers semua untuk memberi pertunjukan yang tak boleh biasa-biasa saja. Persiapan sebulan penuh dikembangkan dan diupayakan demi memberikan eksperimen menonton konser musik yang tak hanya keren dalam title namun terpenting juga baik dan siap dalam semua hal termasuk konteks penjualan tiket nonton dengan menggandeng Tiketnft.com , Loket.com dan aplikasi Gotix. Penjualan yang awalnya terhitung biasa-biasa saja mengalami lonjakan signifikan menjelang acara digelar.

6 Juli 2022, sejak pagi hari, area hotel Grand Claro telah dipenuhi Baladewa dan indiers yang antusias untuk menyaksikan konser yang digadang-gadang spektakuler ini. Issue dan kabar bahwa Dewa 19, pada perayaan ulang tahun ke-30 tahun ini akan menggeber 30-an lagu menjadikan adrenalin calon penonton memang meluap-luap. Kami menemukan tak hanya indiers dari Makassar dans ekitarnya saja yang hadir namun juga dari beberapa kota luar Makassar dan SUlawesi macam Balikpapan, Samarinda dan Ternate juga hadir.

Baladewa Makassar

Tepat jam 19.45 malam harinya, Dewa 19 menyapa penonton yang membludak dan masuk dengan rapi ke dalam area konser. “Selamat Pagi” digeber sebagai pembuka kemudian lagu-lagu hits dan memorable lain semisal “Roman Picisan”, “Kangen”, “Still I’m Sure We’ll Love Again”, “Arjuna”, “Kamulah Satu Satunya” sampai “Cukup Siti Nurbaya” sontak menjadikan Pinisi Ballroom sebagai area sing a long massal!!

Penampilan Virza yang telah bergabung lebih dulu memang sudah ngeblend dengan personil lama Dewa 19 lainnya, namun penampilan Ello yang bergabung paling akhir bisa jadi menjadi titik perhatian ribuan orang yang hadir. Kedua vokalis karismatik tersebut secara bergantian dan ‘bahu membahu’ menanggung beban berat dengan kharisma Ari Lasso serta Once yang belum juga bisa dilupakan. Dalam beberapa momen terlihat bahwa keduanya telah memberikan nafas dan upaya terbaik, juga saat Ahmad Dhani mengambil peran sebagai penyanyi utama dalam beberapa lagu, cukup ammpu memberikan sebuah suguhan sempurna di malam yang tak akan bisa dilupakan Baladew dan indiers lainnya malam itu. 

Keluhan-keluhan minor juga terdengar dari banyak penonton namun terpatahkan dengan set list dan aksi serta kharisma Andra Ramadhan yang tetap menjadi part tersendiri di panggung sementara Yuke dan Agung menambal bagian beat dengan permainan yang nyaman, tak luput juga Vega Antares yang memebrikan sentuhan tersendiri untuk banyak lagu-lagu Dewa 19 yang punya aransemen rumit dan tebal. Baladewa Makassar dan Indiers yang berkumpul malam itu seakan melupakan al-hal lain selain kegembiraan bisa menyaksikan puluhan lagu terbaik dan telah menjadi soundtrack hidup mengalun khas dari atas panggung. Kerumunan yang terjadi juga terhitung tertib sepanjang acara. Tak ada kejadian penting yang menyela kebahagiaan malam itu. Intinya adalah: 6 Juli 2022 adalah malam yang patut dikenang dengan persembahan Dewa 19 yang memikat, belum lagi merch official yang diboyong Dewa 19 dan Antara Suara yang cukup mampu menjawab keinginan kolektor merchandise band untuk memiliki secara langsung. 

Indiers bersuka cita!

Sungguh sebuah pengalaman mengembirakan bagi kami untuk menjadi bagian kecil dari konser 30 tahunDewa 19 di Makassar malam itu. Terima kasih untuk banyak pihak yang telah mewujudkannya untuk kami, Milisi.id. Sampai bertemu lain waktu dengan pengalaman menarik lainnya.

-Senandika Maya-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *