Kedai Buku Jenny, Sewindu Yang Membanggakan

27 Februari 2019 ini Kedai Buku Jenny genap berusia delapan tahun. Menuju usia sewindu ini, Kedai Buku Jenny berusaha untuk melibatkan lebih banyak orang tidak hanya dalam menginiasi kegiatan seperti yang telah dilakukan sebelumnya, namun lebih jauh ikut serta secara terencana dalam merancang berbagai aktivitas yang dilaksanakan oleh KBJ melalui Program Teman Pencerita yang diinisiasi sejak Desember 2018.
Melalui program ini, siapa saja diberi kesempatan untuk mengenali berbagai macam aktivitas serta seluk beluk KBJ. Harapannya, dengan mengenal KBJ lebih dalam teman-teman yang ikut serta dalam program ini tertarik untuk merancang dan melaksanakan beragam aktivitas di KBJ. Dan kabar baiknya karena antusiasme teman-teman untuk mengikuti program ini cukup besar dan berlanjut hingga saat ini. Program Teman Pencerita ini sendiri belum pernah dilaksanakan sebelumnya.

Sejak akhir tahun lalu, KBJ juga akhirnya bisa mewujudkan cita-cita lama untuk menginisiasi lahirnya teater anak yang kami beri nama Teater Anak Ketjil. Program teater anak ini kami rancang dengan niat sederhana yaitu untuk menciptakan kembali ruang bermain anak-anak yang memungkinkan mereka tetap dapat bercengkrama, bercakap dan berbahagia bersama teman-teman yang lain. Program ini kami prioritaskan untuk anak-anak yang bermukim di Kompleks Wesabbe Makassar dimana KBJ berada. Meski demikian secara rutin beberapa anak yang ikut serta dalam latihan juga berasal dari beberapa tempat yang cukup jauh dari Kompleks Wesabbe. Saat ini Teater Anak Ketjil sedang giat melaksanakan latihan untuk rencana pementasan pada Maret atau April 2019.

Selain dua hal itu, sepanjang tahun kemarin hingga saat ini, KBJ masih ikut serta dengan berbagai macam inisiatif kolaborasi bersama beberapa komunitas dalam kota maupun dari luar Makassar. Melalui berbagai kegiatan baik yang diinisiasi oleh KBJ sendiri atau oleh berbagai komunitas atau institusi, kami terus berupaya terlibat aktif dalm setiap upaya melahirkan ruang percakapan, diskusi dan interaksi melalui tema-tema seni, literasi dan politik warga. Karena bagi kami melalui percakapan, diskusi dan dialog lah berbagai kemungkinan-kemungkinan perubahan dapat kita pikirkan untuk kemudian kita rancang dan laksanakan.
Dan sebagai bentuk perayaan atas apa-apa yang telah dikerjakan bersama-sama ini, Kedai Buku Jenny akan melaksanakan beberapa kegiatan bertajuk Program Party Kedai Buku Jenny. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari (Jum’at-Sabtu, 1-2 Maret 2019) di Kedai Buku Jenny. Adapun rangkaian aktivitas dalam kegiatan ini yaitu : Launching Zine Teman Pencerita, Diskusi Dibelakang Layar Penulis, Diskusi dengan tema Seni dan Aktivisme dan KBJamming Vol. 23 yang sekaligus menjadi puncak acara perayaan sewindu Kedai Buku Jenny.

Usia sewindu bisa menjadi rentang waktu yang terlalu sempit bagi pemikiran-pemikiran yang begitu-begitu saja, namun bagi kami, usia 8 tahun bagi Kedai Buku Jenny adalah sebuah pencapaian yang membanggakan karena mereka tak henti untuk selalu memberi ruang bagi terlaksananya banyak kepentingan yang baik.

Selamat berusia sewindu, Kedai Buku Jenny semoga tetap menjadi pioner dalam berbagai masalah pergerakan moril.

Isi berita ini kami ambil dan kami sadur dari kedaibukujenny.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *