Ekspresi Jurnalisme Kreatif Dalam Seni Mural di Anjungan ‘City of Makassar’

Karya yang baik mampu melampaui batas-batas yang ada. Misalnya karya ilustrasi, tak berarti nasibnya hanya tersimpan pada lembaran buku gambar. Begitu pula tulisan, bisa jadi lebih berbunyi jika dikawinkan dengan visual berupa foto, bahkan video. Persilangan lintas bidang ini begitu memungkinkan untuk dilakukan, kini. Ditambah, karya kolaborasi tersebut akan jauh lebih bermakna jika memiliki nilai-nilai jurnalisme.

Sebanyak enam ilustrator dan seniman mural dari berbagai daerah berkolaborasi menggambar di Anjungan “City of Makassar”, Losari. Keenam ilustrator ini merupakan jebolan Narasi Content Creator Workshop di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Pontianak. Mereka adalah Frans Sitanggang, Laras Ayu Sahita, M. Fithrah, Indra Kurniawan, Hafidz Aziz, dan Chimankorus

Para seniman mural dari Makassar yang tergabung dalam kelompok “Ritus Teamwork” memindahkan ilustrasi enam ilustrator tersebut ke 14 huruf yang membentuk kata “City of Makassar” berukuran total 48 meter persegi. Tiap hurufnya memiliki desain berbeda namun punya pesan yang sama, yakni “Bergerak menyuarakan karya yang positif dan berdampak”. 

Mereka memulai kegiatan mural dari hari Jumat 21 September hingga Minggu, 22 September 2019. Gerakan ini menjadi titik lebur ide, ekspresi dan kreativitas para kreator yang dikumpulkan Narasi. Mural di anjungan City of Makassar diresmikan langsung oleh Pj Walikota Makassar, Iqbal Samad Suhaeb pada Minggu (22/9). Prosesi peresmian ini juga dihadiri oleh Dahlia Citra Buana (Chief Creative Officer Narasi), Geri Azriel Siddik (Country Manager, Strategic Partnerships Youtube Indonesia) serta Ashari Ramadhan (Koordinator Makassar Creative Community Network).

Makassar Menjadi Kota Terakhir Rangkaian Content Creator Workshop di 2019

Lanskap media dan penonton berubah dan berevolusi karena revolusi teknologi. Cara kita mengonsumi berita dan informasi berubah. Tidak lagi satu arah tapi dua arah. Di masa ini amatlah penting untuk seorang kreator menguasai cara bertutur yang tepat dan relevan di setiap medium dan platform untuk merangkul audiens yang berbeda-beda sehingga bisa terus relevan. Misi Narasi yakni ingin membentuk generasi baru, yang dibesarkan dengan tayangan yang baik, sekaligus mampu menciptakan konten bermutu. Namun Narasi sadar butuh kolaborasi dengan siapapun yang punya nilai sama untuk mewujudkan mimpi besar menciptakan konten baik.

Najwa Shihab, Jurnalis & Founder Narasi menuturkan, “Pada akhir 2018 lalu, Narasi terpilih untuk menerima dana inovasi Google News Initiative (GNI) yang membantu mengembangkan dan mengeksplorasi format baru jurnalisme video. Sampai September ini, Narasi telah berhasil menggelar rangkaian workshop di 10 kota di Indonesia. Dimulai dari Jakarta, Surabaya, Padang, Bandung, Sorong, Yogyakarta, Medan, Banda Aceh, Pontianak dan Makassar.”

“Kami menerima lebih dari 2.000 karya dan bertemu langsung dengan 250 para pembuat konten terpilih dari seluruh penjuru negeri. Kreator akan menjadi kolaborator Narasi yang memiliki beragam keahlian; penulis, ilustrator, videografer, fotografer, blogger, desainer grafis, seniman motion grafis, dan pembuat film,” tutur Najwa.

Melalui kelas-kelas workshop Narasi mengajak kreator menciptakan konten baik yang bertanggungjawab dengan nilai “Creative Impactful Journalism”. Karena jurnalisme bagi Narasi adalah nilai, bukan semata profesi. Cara pandang ini yang diharapkan bisa diusung para kreator dalam memproduksi kontennya.

Catharina Davy, CEO Narasi menambahkan pihaknya mengajak para kreator untuk membuat karya yang akan tampil di Narasi. “Kelas-kelas workshop yang menitikberatkan pada kemampuan “Dasar-dasar Jurnalisme”, “Storytelling”, “Critical Thinking”, dan “Personal Branding” juga bisa disaksikan di laman website www.narasi.tv oleh masyarakat umum agar bisa dipelajari bersama. Usai workshop, kami mengajak para kreator terpilih membuat karya yang ditampilkan pada platform media Narasi.”

Pada tahun 2020, Narasi akan mencari lebih banyak lagi kreator yang mau belajar sekaligus berkarya bersama, melalui Narasi Classrom.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *