Duo kakak beradik, dbatlayar, rilis lagu terbaru mereka, “Mawar Merah”.

Setelah sebelumnya merilis lagu orisinil berjudul “Tertunda”, lagu terbaru dari duo dbatlayar yang beranggotakan Dave Batlayar dan Joy Batlayar ini bercerita tentang keputusan untuk move on dan sebagai semangat untuk para pendengar yang sedang berjuang melupakan masa lalu. Lagu “Mawar Merah” sudah bisa didengarkan di seluruh platform musik, radio, dan media sosial, sedangkan video lirik dan video klipnya juga akan bisa dinikmati di kanal youtube dbatlayar. Perilisan yang dinaungi oleh rumah rekaman dan manajemen KEINA Creative ini diharapkan melanjutkan kiprah dbatlayar untuk semakin mantap berkarya di industri musik Tanah Air.

Duo kakak adik ini sebelumnya sudah sempat mengikuti beberapa acara dan aktivitas media digital, seperti Tonight Show NET TV (2020), Cretivox (2021), Music Development Class bersama Laleilmanino (2019), dan X Factor Indonesia (Joy, 2022), sebelum akhirnya bergabung dalam naungan KEINA Creative yang juga menaungi grup musik Tanah Air, HIVI!.

Ditulis sekitar 6 tahun lalu, lirik dari lagu “Mawar Merah” diciptakan oleh Dave & Joy sendiri. Seperti sebelumnya, pembagian tugas dalam lagu ini masih sama, yaitu lirik ditulis oleh Dave Batlayar dan komposisi musik oleh Joy Batlayar. Namun, yang mengesankan adalah kali ini, lagu Mawar Merah diproduksi bersama Febrian Nindyo & Ezra Mandira dari HIVI!

Dave dan Joy bercerita bahwa proses pengerjaan dari lagu ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 bulan, mulai dari proses pembuatan musik, rekaman vokal hingga proses mixing dan mastering. Sebagai Executive Producer dari lagu “Mawar Merah”, KEINA Creative melibatkan beberapa pihak dalam pembuatan lagu ini. Mulai dari Irvnat sebagai Vocal Director, Amal Bhaskara sebagai bassist, Rayendra Sunito pada proses mixing, juga Dimas Pradipta pada proses mastering.

“Proses kreatif lagu ini sangat seru, karena kami bisa belajar banyak dari setiap pihak yang terlibat dalam pembuatan lagu ini. Sungguh pengalaman yang sangat berkesan bisa bekerjasama dengan tokoh-tokoh musisi tanah air”, ujar Dave dan Joy bercerita mengenai bagaimana proses kreatif dari lagu “Mawar Merah”.

Lagu “Mawar Merah” menceritakan tentang seseorang yang mengambil keputusan untuk move on, melanjutkan kehidupannya setelah ditinggal oleh kekasihnya. Namun, tak sebatas itu saja, lagu “Mawar Merah” juga mengangkat realita kehidupan dimana ekspektasi kadang tak sesuai dengan realita. Jadi, secara keseluruhan lagu ini ingin mengajak pendengar untuk bisa menjalani hari dengan senang hati.

Sedangkan alasan kenapa bunga mawar merah dipilih menjadi simbol adalah untuk mewakili hidup yang terlihat indah, padahal terdapat duri yang ada pada tangkai mawar merah. Suasana lagu yang menyenangkan, diharapkan bisa membuat pendengar lagu ini jadi semangat menjalani hari demi hari walau realita kehidupan kadang tak seindah yang kita harapkan.

“Lagu ini juga akan menjadi dobrakan baru dalam karir musik kami, dbatlayar. Lagu ini menjadi karya baru yang dirilis di dalam manajemen tempat kami bernaung, KEINA Creative. Terdapat pesan dalam video klip lagu ini yang akan mengantarkan pendengar ke karya baru dbatlayar selanjutnya”, ujar Joy mengenai harapan nya di lagu “Mawar Merah”.

“Mawar Merah” memiliki melodi yang sederhana dengan ritme yang berwarna. Dalam lagu ini dbatlayar ingin mengajak pendengar untuk menjalani hari dengan senang hati. Sebuah harapan bahwa lagu ini bisa menjadi teman baru di keseharian kawan-kawan yang mendengarkannya. Mengangkat tema move on, lagu ini berbeda dengan lagu dbatlayar sebelumnya seperti “Terpendam” (2020), “Terimalah” (2021), dan “Tertunda” (2022). Instrumen yang dipilih juga berbeda, ada beberapa instrumen yang ditambahkan untuk melengkapi lagu ini.