Dari Bawah Pohon Mangga, Beranda Rumah Mangga menggelontorkan Single Pop Folk Memukau

‘Beranda Rumah Mangga’ (Braga) adalah band pop-folkasal Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara yang terdiri dari Yedi (vokalis), Vicky (gitaris/vokalis latar), Vicro (gitaris/vokalis latar), Christy (basist), dan Rian (drummer). Kelima personil Braga tumbuh-besar di Bongkudai, sebuah desa di kaki gunung Ambang, dan telah menjalin perkawanan sejak kecil sebelum mulai ngebanddi tahun 2006. 

Pada tahun 2008, disebabkan oleh beberapa personil yang melanjutkan pendidikan di luar daerah, Braga memustuskan untuk vakum. Hasrat yang besar mendorong mereka untuk kembali melanjutkan langkah enam tahun kemudian. Ini dimulai ketika mereka rutin menghabiskan malam di bawah rimbun pohon manga yang tumbuh di beranda rumah Vicky. Dari sinilah nama Beranda Rumah Mangga berasal.  

Tahun ini mereka bersepakat untuk merekam secara mandiri dengan peralatan seadanya lima materi yang telah mereka siapkan. Lima materi yang lahir dari lima tahun mereka berproses di kota kecil yang merekam jejak mereka bermusik; dari beranda rumah, kedai ke kedai, gig ke gig, hingga beberapa kali diundang sebagai band pembuka untuk band-band Ibu Kota yang mampir di Kotamobagu, Bolaang Mongondow.

Sebagai pembuka menuju perilisan debut mini album ‘Samudera Ingatan’, Braga merilis single berjudul ‘Adil Sejak dalam Pikiran’ yang bisa didengarkan melalui berbagai kanal streaming. Lagu ini terinspirasi oleh sastrawan besar Pramoedya Ananta Toer, yang karya-karyanya kuat menyuarakan tema humanisme. Judul ‘Adil Sejak dalam Pikiran’ sendiri merupakan kutipan dari ”Bumi Manusia’, novel pertama dari Tetralogi Buru yang melegendaMenurut para personil Beranda Rumah Mangga, tema-tema humanis memang bakal menjadi benang merah album mereka mendatang.  

‘Adil Sejak dalam Pikiran’ adalah sebuah track pop, ballad, folk yang sederhana dan minimalis. Tak banyak printilan disana, hanya tema yang lumayan kuat dan bisa jadi memukau. Single ini direkam dan melalui proses mixing serta mastering di studio Beranda Rumah Mangga oleh Christian Bangol, sementara penggarapan artwork dipercayakan kepada Adi Gunawan (Benang Baja). 

Beranda Rumah Mangga: Instagram: @berandarumahmangga Email: braga.project@gmail.com Narahubung: Retho Bambuena, 0813-5631-2363




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *