BIP Memilih Kerukunan Diatas Pilihan-Pilihan

Berapa lama kita harus menunggu lagu baru dari BIP? 4,5,6 tahun? Dan akhirnya 2019 ini ‘BIP’ merilis single terbaru berjudul ‘Kita Bisa’. Lagu terbaru BIP Kita Bisa bukan hanya bercerita tentang keadaan Indonesia akhir-akhir ini yang penuh dengan dikotomi pertentangan panas tetapi juga menjadi sebuah terapi isi kepala dan hati yang awalnya penuh kebencian untuk kambali menuju kedamaian.

BIP akronim dari Bongky (Bass), Indra Q (Keyboard), Ipang (Vocal), Pay (Gitar) Dede Kumala (Add Drum) menulis beberapa resep, bagaimana cara kembali pada suasana damai ?, dan itu kita bisa dengar pada kutipan lirik ‘Aku benci waktu dikuasai rasa benci, aku berharap kita bisa berbagi cinta’ . BIP benar-benar mencontohkan bukan hanya berkarya dan merilis singel baru tetapi membawa misi dan pesan khusus kedamaian. BIP menjadi musisi yang lebih memilih menyuarakan kedamaian (piss) daripada menyuarakan pilihan politik mereka.

Yang mengikuti kanal Youtube BIP pasti sudah tahu banyak tentang proses rekaman single ‘Kita Bisa’ yang dilakukan di Bali dan video musiknya menggambarkan betapa indahnya alam Indonesia. Lagu ini juga nantinya akan menjadi salah satu materi dari album tebaru BIP. Album yang melibatkan 350 produser dari Bipers (penggemar BIP) yang bertindak melakukan crowdfunding atau patungan dari Bipers untuk memproduksi album ini. Butuh waktu 3 tahun untuk menuntaskan album ‘Kata Jendral’ yang memiliki lagu ‘Bukan Fotocopy’, ‘Kita Bisa’, ‘Cupu Lu Ah’, ‘Jalan-Jalan’, ‘Siklus’ dan ‘Kata Bokap’.

Sudah begitu, kami dan siapapun bisa jadi akan mengerti mengapa BIP lebih memilih jalan menyuarakan ‘pilihan’ sendiri tanpa harus berpihak. BIP sejak lama dikenal sangat piawai dalam ‘bermain’ di wilayah ini. Keindahan dan kerukunan antar sesama menjadi lebih berharga dan utama bagi BIP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *