Album Baru Damon Albarn Yang Sungguh Menawan

The Nearer The Fountain, More Pure The Stream Flows adalah album studio baru dari Damon Albarn, keluar 12 November 2021 di Transgressive Records. Awalnya dimaksudkan sebagai karya orkestra yang terinspirasi oleh lanskap Islandia, pada tahun 2020 Albarn kembali ke musik dalam lockdown dan mengembangkan karya menjadi 11 lagu yang lebih jauh mengeksplorasi tema kerapuhan, kehilangan, kemunculan, dan kelahiran kembali. Hasilnya adalah kumpulan lagu panorama dengan Albarn sebagai pendongeng. Judul album diambil dari puisi John Clare Love and Memory.

Dalam karier pergeseran dan eksplorasi musik yang terus-menerus, rekaman ini mengungkap lebih banyak landasan, menemukan aransemen orkestra yang luas dengan melodi yang intim, ketidaksesuaian yang disapu oleh keagungan yang menular, semuanya diatur ke beberapa penampilan vokal Albarn yang paling menawan hingga saat ini. Sama seperti keindahan dan kekacauan dunia alam yang dinyanyikannya, “The Nearer The Fountain, More Pure The Stream Flows” dengan jelas mendokumentasikan pasang surut emosional kondisi manusia, dalam semua ekstremnya, berfungsi sebagai dokumen yang memperkaya jiwa untuk zaman kita.

Di samping rilis digital, akan ada format vinil edisi terbatas, ditambah CD dan kaset, dengan edisi CD termasuk ‘Huldufólk’ trek “tersembunyi” 20 menit dari rekaman baru dan asli yang mengilhami beberapa tema rekaman. Juga akan ada versi super deluxe dari album, dalam bentuk buku casebound dengan fotografi tambahan, lirik pindaian asli dan karya seni dari Damon, di samping versi vinil putih dari album, file digital berkualitas tinggi dan bonus vinil 7 inchi yang menampilkan lagu eksklusif dari sesi rekaman.

Damon Albarn adalah seorang penyanyi, penulis lagu, produser dan komposer yang gaya musik eklektik dan lirik observasinya telah menjadikannya salah satu musisi Inggris yang paling berpengaruh dan secara konsisten menarik.

Seorang anggota pendiri Blur, Gorillaz dan The Good, The Bad & The Queen, dia adalah penerima enam Brits, dua Ivor Novello Awards dan Grammy Award. 

Diluar dari Blur dan Gorillaz, Albarn memiliki beberapa rilisan lainnya, diantaranya Mali Music (2002), The Good The Bad and The Queen (2006), Monkey: Journey to the West (2007), Kinshasa One Two (2011), Rocket Juice & The Moon (2012), Dr Dee (2012), Africa Express Presents: Maison Des Jeunes (2013), Africa Express Presents: The Orchestra of Syrian Musicians (2016), Merrie Land (2018), Africa Express Presents: Egoli (2019), serta album solo debutnya yang dinominasikan Mercury Award Everyday Robots (2014).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *